Jumat, 23 Oktober 2009

Tidak bisa masuk windows XP

Beberapa masalah saat loading windows XP pernah ane alami, seperti :blue screen, kemudian 8 item (safe mode, safe mode with command prompt,.......... loading windows normally) dengan hitungan mundur untuk memilih salah satu dari beberapa item.

Penyelesaian masalah tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Error loading file NTLDR (pesan kesalahan ini muncul akibat file system ada yang corrupt atau rusak atau hilang), cara penyelesaiannya, buat start up disk windows XP dengan melakukan copy file NTLDR, NTDETECT.COM dan Boot.ini dari komputer lain yang beroperasi dengan lancar. Booting melalui disket dan setelah semuanya normal, copy ketiga file tersebut ke drive aktif komputer anda, setelah semuanya tercopy shutdown komputer dan coba nyalakan kembali, di jamin komputer akan pulih kembali (kecuali kalau computer terinfeksi virus pada semua system file di directory windows).
  2. Muncul pesan tidak bisa loading dan menganjurkan untuk melakukan salah satu dari beberapa item yang muncul (safe mode, safe mode with commant prompt, dll), coba pilih "Last known good configuration.........." biasanya dengan cara ini berhasil.
  3. Muncul pesan seperti item 2, sudah dilakukan cara sesuai item kedua masih gak bisa tuh, pilih item mode kemudian jika bisa masuk windows masuk ke control panel, lakukan penghapusan (add/remove program) software atau driver yang baru aja anda install (kemungkinan drivernya problem, crash, corrupt, tidak kompatibel dan lain lain), restart komputer dan komputer akan kembali berjalan dengan normal.
  4. Cara kedua dan ketiga sudah dilakukan, komputer masih tidak bisa loading windows, mungkin ini cara yang extreme, lakukan installasi ulang windows pada komputer anda.
  5. Cara kedua, ketiga dan keempat sudah dilakukan tapi masih saja error saat loading windows, muncul pesan safe mode dan seterusnya..... Jika hard disk anda tidak full atau rusak atau terkena virus, maka lakukan update bios mainboard anda, untuk komputer yang branded bisa download langsung dari vendornya (contoh IBM, HP, Acer dll), lakukan flash bios, biasanya cara ini berhasil.
  6. Cara 1 s/d 5 sudah dilakukan masih gak bisa, ane sarankan untuk ganti hard disk, kalo masih gak bisa, ganti OS dengan Open Source seperti Linux atau lainnya atau malah pakai cara terakhir komputer anda.

Demikian tips dan triks untuk windows, semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih inputan tentang tulisan ini ya!!! Thanks banget